9 Hal Yang Tidak Boleh Dilewatkan di Kota Semarang

Semarang merupakan kota diujung utara jawa tengah dengan sejuta tradisi dan budaya yang tidak terlepas dari budaya lokal. Lama tak ke Semarang, akhirnya aku dapat kesempatan kembali ke kota dimana saya dilahirkan dulu.

Secara saya memang tumbuh dan berkembang di Kota Makassar, tapi keinginan kuat untuk kembali ke tempat asal juga begitu kuat karena sudah lama tak kembali selama 14 tahun terakhir ini. Sebelum benar-benar kembali ke Semarang, saya sudah menyusun daftar kegiatan apa saja yang akan saya kunjungi dan inilah 9 hal yang tidak boleh kamu lewatkan di Kota Semarang :

1. Lawang Sewu

Semarang adalah kota yang sangat kental akan nilai sejarahnya, Salah satunya adalah bangunan angker Lawang Sewu atau bahasa indonesia adalah Seribu Pintu. Sebenarnya tidak sepenuhnya seribu pintu juga didalamnya cuman karena banyak pintu dan jendela yang dibangun dalam bangunan ini makanya dikatakan seribu pintu. Bangunan kuno yang berlantai dua ini masih berdiri megah di kawasan bilangan Tugu Muda, Semarang. Tempat ini merupakan Landmark atau ikonnya Kota Semarang.

Kalau kalian sering nonton acara di televisi yang bernuansa horor, Lawang Sewu biasa dijadikan tempat uji nyali keberanian terhadap makhluk astral. Lawang Sewu terkenal image-nya sebagai bangunan angker dan mengerikan, sudah banyak cerita mistis beredar tentang keangkeran yang berada didalam bangunan ini. Jika kita melihatnya di siang hari Lawang Sewu terlihat asri dan indah, Tapi jika malam tiba apakah kalian berani menyambanginya?

2. Kota Lama Semarang

Tak seru kalau jalan-jalan ke Semarang tanpa menelusuri kompleks bangunan tua di Kota Lama Semarang seakan membawa kamu menyusuri masa lalu dengan keindahan arsitektur abad 19. Dulunya tempat ini dijadikan pusat perdagangan di Semarang. Disini kalian bisa menemukan berbagai bangunan bersejarah yang masih difungsikan sampe sekarang. Dalam kompleks Kota Lama ini terdapat beberapa bangunan tua yang hingga saat ini masih difungsikan seperti Gereja Blenduk, Stasiun Tawang, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Gedung Kantor Pos Pusat dan beberapa bangunan lainnya untuk kegiatan bisnis.

3. Museum Jamu Nyonya Meneer

Kalian suka minum jamu? kalau iya pasti kalian kenal jamu Nyonya Meneer. itu lho yang pernah jadi iklan di televisi. Kalau di jawa memang pusatnya jamu, apalagi di Semarang. Jika kalian jalan jalan di Kota Semarang tak ada salahnya kalian mampir sejenak di Museum Nyonya Meneer. Museum ini merupakan museum jamu pertama di Indonesia yang didirikan tahun 1984.

Jika kalian masuk dalam lanskap bangunan museum ini, kalian akan melihat bahwa museum ini dibagi menjadi dua bagian utama. di bagian pertama merupakan barang-barang koleksi pribadi milik nyonya Meneer. Di bagian kedua merupakan tempat replika peracikan jamu-jamu tradisional. Kalau kalian datang kesini gak perlu khawatir gak bawa duit soalnya gak dipungut biaya. Lumayan kan sudah gratis kita dapat menggali pengetahuan kita akan sejarah jamu tradisional.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Di Semarang terdapat Masjid Agung Jawa Tengah dimana bangunan ini bukan hanya masjid saja tap terdapat ruangan serbaguna. Ciri khas bangunan masjid ini yang mengusung konsep arsitektur gabungan dari jawa dan roma.

Masjid megah yang diresmikan tahun 2006 ini terdiri diatas lahan 10 Ha dan bisa menampung jamaah sampai 16 ribu. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki beragam fasilitas mulai dari tempat akad nikah, auditorium, museum serta wisma, dll.

Dan salah satu yang paling menarik dari Masjid Agung Jawa Tengah adalah Menara Al Husna yang memiliki tinggi 99 meter yang mana tinggi menara ini terinspirasi dari Asmaul Husna. Menara ini mempunyai kafe muslim yang dapat berputar. Diatasnya ada gardu panjang yang digunakan untuk melihat Rukyatul Hilal. Lantai dasarnya menjadi studio radio Dais atau Dakwah Islam.

5. Klenteng Sam Po Kong

Kalian tahu laksamana Cheng Ho? coba diingat kembali waktu pelajaran SD dulu. Itu loh seorang Cina yang memeluk Islam dan menyebarkan ajaran Islam ke pelosok negeri. Di Semarang terdapat sebuah bangunan yang dikenal sebagai Klenteng Sam Po Kong atau disebut Gedong Batu yang dimana tempat ini merupakan petilasan atau tempat singgah dari laksamana Cheng Ho.

6. Museum Rekor Indonesia

Selain museum jamu nya Nyonya Meneer yang sudah dibahas sebelumnya, ada lagi yang tidak kalah tenar yaitu Museum Rekor Indonesia yang ada di Kota Semarang. Disini kalian bisa melihat berbagai rekor-rekor yang sudah dipecahkan atau rekor baru yang sudah ditaklukan oleh anak bangsa dari berbagai kalangan. Mulai dari rekor yang Ter- sampai rekor unik dan aneh bisa kalian lihat disini.

7. Kuliner Lumpia

Sayang rasanya ke Semarang kalau tidak mencicipi wisata kulinernya yang lezat, salah satunya adalah Lumpia. Kota Semarang terkenal akan Lumpia nya yang sangat enak. Lumpia ini berisi sayuran dan telur yang dicampur daging ayam atau udang. Pokoknya jangan ketinggalan mencicipi lumpia khas Kota Semarang.

8. Kuliner Babat Gongso

Selain Lumpia kuliner yang tidak kalah enak lainnya adalah babat gongso yang melegenda di Semarang. Babt yang diracik dengan bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan kecap ini menghasilkan masakan yang bercerita rasa manis, asin, dan pedas.Jangan lupa deh cobain ini jika berkunjung ke Semarang.

9. Pasar Johar

Setelah puas jalan-jalan ke Semarang jangan lupa singgah sebentar ke pasar tradisional johar. Banyak oleh-oleh khas Semarang dijual disini mulai dari pernak-pernik sampai makanan oleh-oleh khas Semarang dengan harga yang terjangkau dan tidak bikin bolong kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.