Cara Menambah Memori di Android, Tidak Perlu Beli Baru

Menambah memori di Android

Cara Menambah Memori di Android, Tidak Perlu Beli Baru

Pasti Anda sering mengalami kebingungan karena memori pada smartphone penuh dan sedang mencari cara bagaimana menambah memori di Android tanpa membeli baru. Tidak usah khawatir karena ada cara menambah ruang penyimpanan tanpa uang sepeser pun.

Sering kali memori ponsel yang sudah penuh membuat sistem android melambat atau lemot. Jika ponsel Anda lemot, pasti akan menghambat segala aktivitas yang dilakukan. Itu sangat menjengkelkan, oleh sebab itu memori dalam ponsel Anda harus dikurangi atau ditambahkan.

Sangat sulit pastinya untuk memilah-milah file mana saja atau aplikasi mana saja yang harus dihilangkan karena semuanya terasa sangat penting. Atau terdapat juga kasus walaupun sudah dihapus semua file dan mengurangi aplikasi yang di install ruang penyimpanan ponsel masih saja penuh.

Cara Mudah Menambah Memori di Android

Terdapat cara mudah untuk melewati kasus seperti yang sebelumnya dijelaskan. Menambahkan memori adalah salah satu cara untuk mengatasi hal semacam ini. tetapi masalah lain yang muncul adalah Anda diharuskan untuk membeli memori baru sebagai lokasi baru penyimpanan.

1.      Memakai Fitur Adoptable Storage

Adoptable storage merupakan fitur yang berfungsi untuk mengubah kartu SD menjadi memori internal. Dengan diubahkan kartu SD menjadi memori internal pengguna dapat memindahkan aplikasi, media, file dengan mudah dan membantu meringankan sistem.

Fitur ini pertama kali dapat digunakan pada android 6.0 Marsmallow. Cara memakainya, saat Anda memasukan kartu SD akan dimunculkan pilihan akan menjadikan kartu tersebut memori portable atau internal.

2.      Cadangkan Foto dengan Aplikasi Google Photos

Manfaat penggunaan aplikasi google photos antara lain kenangan akan selalu disimpan dan tidak hilang, menyinkronisasi secara otomatis, penelusuran cepat dan juga canggih, serta kursi otomatis. Cara mengaktifkan dan menonaktifkan sinkronisasi.

·         Pertama-tama bukalah aplikasi google photos;

·         Selanjutnya login dengan akun google;

·         Pada kanan atas, ketuklah foto profil selanjutnya pilihlah setelan foto;

·         Setelah itu, pilihlah percandangan dan sinkronisasi.

3.      Cadangkan File dengan Aplikasi Google Drive

Google drive memiliki fungsi yang hampir sama dengan google photos. Perbedaannya google drive tidak hanya digunakan untuk menyimpan foto, tetapi dapat juga menyimpan video, sampai file – file yang penting. Cara menggunakan sangat mudah melalui ponsel.

·         Masuk dengan akun google Anda;

·         Ketuk ikon tambahkan;

·         Selanjutnya ketuklah upload;

·         Pilihlah file yang akan di upload;

·         Tunggulah beberapa syarat sampai proses upload selesai.

4.      Memakai Aplikasi Cloud Storage Lainnya

Selain dua aplikasi tersebut, manfaatkan juga aplikasi storage lainnya yang sudah bertebaran. Dengan menggunakan mengurangi risiko kerusakan dan kehilangan data. Pemakaian cloud storage juga tidak membutuhkan perangkat baru dan hanya mengandalkan akses internet saja.

Tutorial Menambah Memori di Android Dijamin Berhasil 100%

Setelah mengetahui beberapa cara tersebut, terdapat cara lainnya yang dapat Anda gunakan jika kelima cara tersebut tetap tidak membawa perubahan pada ponsel. Anda dapat menggunakan aplikasi Gom Saver.

1.      Mengunduh Gom Saver

Pertama – tama Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui google play store bagi pengguna android. Gom saver tidak banyak memakan kapasitas memori Anda.

2.      Memasang Gom Saver

Setelah mengunduhnya, biasanya google play store akan langsung memasang atau menginstal gom saver pada ponsel Anda. Prosesnya sangat singkat

3.      Pilih ikon list

Setelah itu, bukalah aplikasi yang sudah dipasang dan pilih ikon yang berada pada kiri bawah dan pilih video.

4.      Pilih ‘Save’

Setelah selesai, pilihlah “save. Setelah itu, video akan tersimpan di gom saver. Selain video Anda juga dapat menyimpan foto dari galeri.

Ponsel akan menjadi lemot dan sering terjadi hang, oleh karena itu sangat penting untuk mengolah memori dengan baik. Salah satu cara menambah memori di android dengan memanfaatkan beberapa aplikasi cloud storage dan melakukan pembersihan pada file-file yang tidak digunakan lagi.

#menambah memori di Android

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.