Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android dan Iphone

menghapus aplikasi bawaan

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android dan Iphone

Pernahkah Anda terlintas memikirkan untuk menghapus aplikasi bawaan android. Tetapi apakah bisa menguninstalnya. Karena kenyataannya sangat sulit untuk menghapusnya dari android atau iphone.

Sedangkan kapasitas dan pemakaian datanya cukup menguras dan mengurangi performa smartphone. Sehingga membuat smartphone sangat terbatas untuk menginstall yang diinginkan.

Walaupun cukup sulit, tetapi menghapus aplikasi yang sudah bawaan di android dan Iphone dapat dilakukan. Jika Anda sudah mengetahui caranya, menghapusnya akan sangat mudah dilakukan.

Jenis – jenis Aplikasi Bawaan yang Boleh dan Tidak Boleh Dihapus

Pertama – tama sebelum Anda menghapusnya, diharuskan mengenali terlebih dahulu mana saja yang boleh dan tidak boleh dihapus. Beberapa jenis sangat penting, jika Anda menghapus aplikasi bawaan akan menurunkan performa smartphone.

1.      Google play service

Google play service adalah salah satu bawaan dari google, walaupun penggunaannya tidak terlalu terlihat. Jika dihapus akan membuat beberapa fungsi bawaan google lainnya terganggu.

2.      Aplikasi Phone (Telepon)

Telepon cukup penting, tetapi saat ini semua orang telah menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi. Baik itu telepon atau mengirim pesan teks, penyebabnya telepon menjadi jarang digunakan. tetapi bukan berarti Anda dapat mengunsintall nya karena Phone dapat berpengaruh pada performa ponsel.

3.      Aplikasi Contacs (Buku Telepon)

Walaupun jarang dibuka, contacs berfungsi untuk menyimpan nomor telepon. Tentu saja keberadaannya sangat penting walaupun jarang dibuka. Dengan menghapus aplikasinya otomatis semua nomor akan terhapus.

Tutorial Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Beberapa jenis memang ada yang tidak boleh di hapus. Tetapi seperti email, browser lainnya dapat di hapus. Berikut ini adalah langkah – langkah menghapus app bawaan di android.

1.      Unduhlah aplikasi CCleaner dari Playstore

Pertama Anda harus mengunduh dan memasang Ccleaner. CCleaner berfungsi untuk membantu Anda dalam menghapus aplikasinya.

2.      Pilihlah App Manager

Setelah selesai dipasang, bukalah Ccleaner dan ketuk tiga garis yang berada di ujung kiri atas pilihlah App Manager.

3.      Bukalah Pengaturan Sistem

Setelah menuju App manager, ketuklah System lalu akan terlihat ikon bergambar tong sampah. Ketuklah ikon tong sampah tersebut.

4.      Menghapus Aplikasinya

Ketuk yang ingin di hapus dan akan muncul peringatan untuk memastikan Anda benar-benar akan menghapusnya. Ketuklah pilihan continue.

5.      Aplikasinya Sudah Teruninstall

Setelah memilihnya, ketuk uninstall. Sebelum memilih uninstall akan muncul peringatan untuk memastikan apakah Anda benar-benar yakin akan menguninstallnya, ketuklah uninstall.

Tutorial Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan di Iphone

Sebenarnya aplikasi bawaan di Iphone tidak dapat dihapus. Tetapi, setelah diluncurkannya iOS 10 beberapa bawaan bisa dengan mudah dihapus tanpa menggunakan alat apapun. Seperti apple books, kalkulator, kalender, kompas, face time, catatan, dan masih banyak lagi.

Namun, perlu diingat dengan dihapusnya bawaan ini akan berpengaruh pada performa smartphone Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda mengetahui dahulu manfaatnya. Berikut adalah cara menghapus aplikasi di iOS.

1.      Bukalah Perangkat iOS

Langkah pertama yang harus tempuh adalah dengan membuka perangkat iOS. Perlu diingat yang dapat melakukan ini adalah pengguna iOS 10 ke atas saja. setelah itu sentuh dan tahan app.

2.      Ketuk Ulang App

Setelah menahan app, akan muncul beberapa pilihan salah satunya susun ulang App. Anda pilihlah susu ulang App.

3.      Menghapus App bawaan

Ketuklah ikon berbentuk seperti garis untuk menghapusnya, dan ketuklah hapus. Setelah itu app tersebut akan teruninstall dengan benar tanpa alat apapun. Seringkali performa smartphone menurun karena pemasangan aplikasi yang banyak.

Aplikasi-aplikasi tersebut sebagiannya merupakan app bawaan yang jarang dipakai. Hal ini tentu saja membatasi Anda untuk menginstall aplikasinya sesuai keinginan membuat Anda merasa perlu menghapus aplikasi bawaan.

#menghapus aplikasi bawaan

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.