Penyebab Server Down Harus Diketahui Pengguna Internet

penyebab server down

 

Penyebab Server Down Harus Diketahui Pengguna Internet

Masalah seperti penyebab server down seringkali membuat pengguna internet menjadi jengkel, padahal sedang ingin melakukan sesuatu yang penting. Penyebab ini berasal dari berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

Server merupakan bagian penting dari sebuah sistem perkomputeran dan jaringan internet di seluruh dunia. Tanpa server, manusia tidak bisa mengakses berbagai fitur di internet, seperti browsing atau streaming.

Ketika terjadi kegagalan sistem, biasanya ditemui kerusakan di dalamnya. Oleh karena itu, dibutuhkan proses pengecekan untuk menelusuri akar dari suatu masalah. Kemudian dilakukan perbaikan supaya bisa kembali seperti semula.

Apa Saja Penyebab Server Down?

Sedang asyik browsing tiba-tiba error? Tenang, jangan panik dulu, sebaiknya cari tahu penyebabnya agar bisa dilakukan maintenance. Situs tiba-tiba tidak bisa diakses menjadi masalah merepotkan, mungkin disebabkan oleh hal berikut.

1.      Traffic Sangat Ramai

Sebuah situs bisa menjadi inaccessible jika trafik atau pengunjungnya tiba-tiba meningkat drastis. Terutama jika sedang digelar sebuah promo sale atau giveaway dalam waktu terbatas, sehingga banyak pengunjung mengakses secara serentak.

2.      DNS Bermasalah

Apabila terjadi kendala pada DNS atau domain name system, hal ini menjadi salah satu faktor server menjadi down. DNS merupakan sebuah sistem untuk memudahkan koneksi internet dengan penggunaan URL.

Dengan adanya DNS, pengguna tidak perlu repot mengingat deretan angka dalam alamat IP untuk menuju sebuah situs. Namun terkadang terjadi masalah sehingga menyebabkan pengguna internet menjadi terheran-heran.

3.      Kendala WordPress

Jenis kendala WordPress sangat bervariasi, pastikan sumber errornya dari mana, belum tentu dari servernya. Jika muncul keterangan error 404, artinya terdapat masalah pada pengaturan URL atau DNS situs tersebut.

4.      Hacker

Di dunia internet, banyak serangan hacker tidak bertanggung jawab, seperti malware, SQL Injection, XSS, serta DDoS. Serangan server paling umum ditemukan yaitu DDoS, dimana hacker akan menggunakan trafik palsu.

5.      Power Outage

Power outage atau pemadaman listrik menyebabkan gangguan pada server. Ketika terjadi power outage, biasanya karena keperluan pemeliharaan rutin atau maintenance. Diperlukan sebuah cadangan listrik supaya tidak terjadi masalah ini.

6.      Maintenance Server

Maintenance atau pemeliharaan dilakukan secara rutin mulai dari update fitur hingga pengecekan berbagai komponen lain. Adanya pemeliharaan membuat akses menuju web menjadi terganggu. Umumnya maintenance dilakukan di luar jam kerja.

Mengatasi Penyebab Server Down dengan Tepat

Dunia media sosial dihebohkan dengan kejadian luar biasa dimana tiga platform raksasa Facebook, Instagram, dan WhatsApp down. Topik ini bahkan menjadi trending di Twitter, karena terjadi di beberapa negara.

Sebagian orang mencoba melakukan akses masuk, namun malah menemui peringatan 500 server error. Masalah error 500 ini umumnya dijumpai setelah melakukan update atau maintenance pada sistem.

Untuk memastikannya, cobalah menghapus cache pada browser. Anda bisa menghapus cache dengan cara membuka pengaturan pada browser, kemudian clear data pada cached images dan files.

Apabila belum berhasil, coba lakukan reload secara berkala selama 30 detik sekali. Bisa jadi masalah datang karena situs sedang mengalami overload traffic. Sambil menunggu, bukalah situs lain untuk memastikan.

Cek plugin dan themes pada WordPress, terutama jika sedang atau baru saja melakukan pembaruan. Jangan melakukan update dalam satu waktu. Hindari menggunakan versi beta atau masih dalam tahap pengembangan.

Cara lain adalah dengan mengecek file htaccess, apakah menjadi pemicu utama atau bukan. Kemungkinan menambah PHP limits juga diketahui menjadi penyebab hosting menjadi terlalu berat bekerja.

Untuk mengatasi berbagai masalah inaccessible site, bisa saja karena gangguan yang tidak diketahui darimana asalnya. Seperti masalah sosial media waktu itu, Anda hanya perlu menunggu sampai penyebab server down ditemukan.

#penyebab server down

Leave a Reply

Your email address will not be published.