3 Aplikasi Alternatif WhatsApp, ada yang ada pakai?

Di masa lalu, sebelum munculnya SMS melalui aplikasi populer, orang lebih suka bertukar pesan hanya melalui SMS (Short Message Service) atau email. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, cara ini mulai ditinggalkan dan beralih ke aplikasi chatting yang sangat mudah digunakan dan bekerja secara real time.

Di antara aplikasi tersebut, yang paling populer adalah WhatsApp. Namun tahukah Anda bahwa masih banyak lagi alternatif aplikasi WhatsApp yang bisa Anda gunakan untuk chatting. Sesuatu? Berikut 3 alternatif aplikasi WhatsApp yang bisa Anda coba.

Line

Aplikasi alternatif pertama untuk WhatsApp adalah Line. Line dapat disebut sebagai aplikasi obrolan dan merupakan pesaing serius Whatsapp. Fitur Line menggabungkan fitur Facebook, yang memiliki halaman beranda tempat Anda dapat membalas status teman Anda, dengan fitur Whatsapp sebagai aplikasi obrolan.

Beberapa fitur Line juga sudah ada sebelum Whatsapp, seperti fitur video call dan fitur stiker.

Telegram

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi Telegram. Aplikasi ini sebenarnya memiliki lebih banyak fitur daripada Whatsapp. Telegram dapat mengedit pesan yang Anda kirim sebelumnya. Anda juga bisa mengobrol dengan tenang menggunakan Telegram, karena pesannya bisa langsung hilang.

Juga, sementara di Whatsapp Anda hanya dapat memasukkan ratusan orang ke dalam grup, di Telegram Anda dapat membuat grup dengan ribuan anggota. Telegram juga dapat menyimpan lebih dari 15 GB data. Inilah mengapa Telegram bisa menjadi aplikasi WhatsApp alternatif.

Viber

Sebelum Whatsapp menjadi populer, aplikasi Viber cukup banyak digunakan. Aplikasi ini menggabungkan fungsi BBM atau Blackberry Messenger dan Whatsapp. Hampir semua fitur Whatsapp juga tersedia di aplikasi Viber.

Viber memiliki fitur berupa panggilan suara, pengiriman pesan, panggilan video, pesan terenkripsi ujung ke ujung dan pembatalan pesan bahkan lebih awal dari Whatsapp. Jika Anda ingin keluar dari WhatsApp, Anda dapat mencoba menggunakan Viber sebagai aplikasi WhatsApp alternatif.

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang 3 alternatif aplikasi WhatsApp yang bisa kamu coba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.