5 Aplikasi Alternatif Photoshop, apa Saja? Mana Yang Sudah anda Coba?

Apakah Anda seorang desainer grafis? Atau apakah Anda sedang belajar desain grafis dan menambahkan keterampilan mengedit Anda? Umumnya orang menggunakan aplikasi Photoshop untuk belajar. Sayangnya, Photoshop adalah aplikasi di mana Anda harus membayar sejumlah tertentu untuk menggunakan semua fiturnya.

Tidak ada yang salah dengan Photoshop karena ada begitu banyak fitur hebat yang tersedia. Jika Anda seorang desainer grafis dengan anggaran terbatas yang tidak memiliki akses ke Photoshop premium, berikut adalah 5 aplikasi Photoshop alternatif yang dapat Anda coba.

Gimp

Gimp

GNU Image Manipulation, atau GIMP, adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan manipulasi grafis berbasis raster. Anda dapat menggunakan GIMP untuk membuat grafik, logo, mengubah resolusi foto, mengubah warna, dan menggabungkan gambar.

Fungsionalitasnya hampir identik dengan aplikasi Photoshop. Aplikasi ini dirancang oleh Spencer Kimball dan Peter Mattis dan dirilis pada tahun 2018. Gimp tersedia untuk semua perangkat seperti Linux, Mac OS, Microsoft Windows, BSD, Solaris dan banyak lainnya.

Aplikasi ini gratis untuk digunakan dan penggunaannya sudah pasti legal. Karena kemiripannya dengan Photoshop, Gimp sering digunakan sebagai alternatif Photoshop.

PixlrX

PixlrX

Ada juga aplikasi berbasis web, yaitu aplikasi PxlrX, yang dapat Anda gunakan di situs web tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Pixlr menawarkan banyak fitur yang sempurna untuk bahan pembelajaran desain grafis dan editing.

Selain di PC atau komputer, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone Anda. Aplikasi ini sangat cocok sebagai aplikasi alternatif photoshop karena fungsinya yang mirip dengan aplikasi.

Sumopaint

Sumopaint

Aplikasi alternatif Photoshop selanjutnya adalah Sumopaint. Seperti PxlrX, Sumopaint adalah aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui situs web tanpa mengunduhnya terlebih dahulu.

Aplikasi ini ringan dan cepat digunakan. Karena ringan, aplikasi ini mudah digunakan karena tidak menimbulkan error dan mudah terputus.

Jika Anda adalah pengguna lama Photoshop, Anda mungkin perlu beberapa penyesuaian karena Sumopaint memiliki banyak alat. Namun secara keseluruhan, aplikasi ini sangat mirip, terutama pada fitur seperti Photoshop.

Anda dapat mengakses Sumopaint secara gratis tanpa batas waktu. Namun, ada juga versi pro yang menawarkan beberapa fitur tambahan. Sumopaint versi pro tidak mahal dan berharga sekitar Rp 250.000. Harga biasanya digunakan untuk mengakses aplikasi editing yang berjumlah jutaan rupiah.

Inkscape

InkScape

Sementara Photoshop adalah aplikasi yang lebih fokus pada bitmap, Inkscape adalah aplikasi yang lebih fokus bekerja dengan vektor. Meski begitu, aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan Photoshop dan dapat digunakan sebagai aplikasi alternatif selain Photoshop.

Fungsi utama Inkscape adalah untuk membuat desain dan membuat gambar yang banyak digunakan oleh para desainer grafis. Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi yang mudah digunakan dan dipelajari.

Inkscape adalah aplikasi yang dilisensikan di bawah GNU yang sama dengan Gimp. Anda dapat mengakses Inkscape secara gratis baik melalui website kami atau dengan mendownloadnya terlebih dahulu.

Karena aplikasi ini sangat besar, Anda hanya boleh mengakses Inkscape melalui situs web jika memori yang tersisa sangat sedikit.

DarkTable

DarkTable

DarkTable adalah aplikasi yang umum digunakan untuk mengedit dan menyempurnakan gambar RAW dalam hal ukuran, komposisi, warna, dan pencahayaan. Anda juga bisa mendapatkan fitur ini dari aplikasi Photoshop. Jadi DarkTable bisa menjadi aplikasi alternatif Photoshop Anda selanjutnya.

Aplikasi ini menawarkan banyak fitur mirip Photoshop, termasuk beberapa alat dengan nama yang sama. Aplikasi ini memiliki antarmuka sederhana yang mudah dipelajari, sehingga cocok untuk editor pemula.

DarkTable dirilis pada tahun 2009 di bawah GNU General Public License, perusahaan yang sama dengan Gimp. Karena aplikasi ini berukuran cukup ringan, maka aman untuk diunduh dan diinstal di komputer atau laptop Anda.

Nah, itulah ulasan lengkap 5 alternatif aplikasi photoshop yang bisa kamu gunakan secara legal secara gratis. Kami berharap informasi di atas membantu Anda untuk menggunakan aplikasi selain Photoshop. semoga beruntung. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.