Karakteristik dan solusi sekring mobil yang sering rusak

Seperti perangkat elektronik lainnya, sistem otomotif dilengkapi dengan sekering untuk bertindak sebagai perangkat pengaman terhadap korsleting yang berpotensi menyebabkan korsleting dan kebakaran.

Jika kabel pada sekring putus, berarti sistem elektronik mobil tidak akan berfungsi. Pengemudi harus memperhatikan beberapa hal tentang kecelakaan, atau setidaknya mengetahui tanda-tanda sekring mobil putus.

Berikut beberapa tanda sekring mobil mati, mengutip keterangan Auto2000:

Permukaan sekering menjadi hitam.

Ciri pertama sekring otomotif yang putus adalah permukaannya berwarna hitam jika dilihat. Warna hitam menunjukkan bahwa komponen pada sekring telah terbakar, menunjukkan korsleting pada sirkuit saat ini.

Putusnya kabel-kabel pada sekring berguna untuk memutuskan hubungan pendek sebagai tindakan pengamanan saat arus berlebih. Api merusak kabel, meninggalkan bekas hitam di permukaan sekring.

Jika sekringnya jenis bilah, penutup plastiknya juga akan meleleh karena panas. Tidak seperti sekering yang berbentuk tabung kaca, bagian dalamnya biasanya berwarna hitam.

kawat sekering putus

Putusnya hubungan karena korsleting mungkin tidak menyebabkan tanda hitam pada permukaan sekering. Untuk memeriksa ini, Anda perlu memeriksa sendiri komponen sekering, dan kemudian mengamati kondisi kabel.

Dalam sekering berbilah, kabel melengkung terputus atau terputus di setiap sisi.

Beberapa komponen elektronik mati.

Jika komponen elektronik mobil Anda mati tiba-tiba atau sama sekali, sekringnya mungkin putus.

Periksa kondisi sekering komponen untuk memverifikasi. Misalnya, jika lampu depan mobil Anda mati total, periksa sekering di bagian itu dan jangan sekering di bagian lain.

Sekering otomotif yang putus harus segera diganti untuk menghindari korsleting.

Sekering otomotif adalah bagian yang sangat rapuh dan harus dipilih dengan benar. Secara umum, sekring putus tidak terjadi pada komponen mobil apa pun, jadi pilihlah sekring mobil dengan dimensi dan spesifikasi ampere yang benar.

Dimensi yang salah dapat menyebabkan sekring lepas. Ini tidak boleh dibiarkan karena sekering dapat dengan mudah menjadi terlalu panas dan meleleh. Seharusnya tidak lebih dari beberapa milimeter atau kurang, karena ini dapat menyebabkan kendur.

Kapasitas ampere juga harus diperhitungkan untuk memastikan sistem kelistrikan mobil tetap stabil. Jangan memilih sekring yang kapasitas arusnya jauh dari kebutuhan.

Misalnya tidak menggunakan sekring 25 amp, padahal biasanya hanya menggunakan sekring 7,5 amp.

Leave a Reply

Your email address will not be published.