Canggih! Inovasi Masker ini bisa mendeteksi orang yang terinfeksi Covid-19

Ilustrasi Wanita Pakai Masker.(wolipop/Reka)

Sebuah tim ilmuwan dari universitas Jepang telah membuat inovasi masker yang bersinar ketika pengguna terinfeksi virus corona Covid-19. Masker ini mengandung antibodi yang diekstrak dari burung unta.

Inovasi Masker ini dikembangkan oleh tim dari Kyoto Prefectural University yang dipimpin langsung oleh kepala universitas, Yasuhiro Tsukamoto (52). Masker ini masih dalam tahap uji praktek.

Masker ini nantinya akan menawarkan cara mudah bagi pengguna untuk memeriksa apakah mereka telah terpapar virus Covid-19. Masker ini dijadwalkan untuk menerima persetujuan pemerintah untuk penjualan gratis tahun depan.

Februari lalu, tim tersebut menyuntikkan virus corona yang tidak aktif dan tidak berbahaya ke burung unta betina, dari sana mereka dapat mengekstrak sejumlah besar antibodi dari telur burung unta.

Tim kemudian mengembangkan filter khusus yang ditempatkan di dalam masker wajah. Filter dapat dilepas dan disemprot dengan pewarna fluoresen yang mengandung antibodi terhadap virus corona dari telur burung unta. Jika ada virus, filter akan berpendar saat terkena sinar ultraviolet.

Dalam uji coba 10 hari yang melibatkan 32 orang yang terinfeksi Covid-19, mereka menemukan bahwa semua masker yang mereka kenakan bersinar dalam sinar ultraviolet, intensitas cahayanya menurun seiring waktu, dan viral load-nya menurun.

Tim berencana untuk memperluas eksperimen mereka menjadi 150 peserta. Rektor sendiri, setelah melakukan uji coba penggunaan salah satu masker, ternyata dirinya sendiri yang positif Covid-19, dan hal itu dikonfirmasi dengan tes PCR.

“Kami dapat memproduksi antibodi burung unta secara massal dengan biaya rendah. Di masa depan, saya ingin membuat suite ini untuk tes sederhana yang dapat digunakan semua orang, ”kata Yasuhiro Tsukamoto.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.