Estimasi : Jaringan Telkomsel Padat di Momen Libur Nataru

Ilustrasi Telkomsel.(Telkomsel/Reka)

Jaringan Telkomsel telah menyiapkan langkah-langkah ke depan jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Telkomsel menawarkan sejumlah peningkatan poin yang diprediksi akan meningkatkan aktivitas atau trafik.

Pasalnya, Natal dan Tahun Baru merupakan momen liburan terbesar kedua di Indonesia (setelah Idul Fitri), yang digunakan kebanyakan orang untuk mudik, berlibur atau berkumpul bersama keluarga.

Hal ini dikarenakan pemerintah telah mencabut Pembatasan Kegiatan Umum (PPKM) Tingkat 3 yang membuat aktivitas masyarakat lebih santai selama liburan.

Oleh karena itu, Telkomsel mengambil langkah proaktif dengan memberikan peningkatan layanan di sejumlah area yang diyakini dapat meningkatkan trafik.

Area yang dapat meningkatkan traffic disebut dengan Points of Interest (POI).

“Dalam acara di Nara ini, kami memiliki 471 point of interest,” kata Rahmat Novalianto, Vice President Networked Assistance, Security and Operations Center Telkomsel, Jakarta, Rabu (15 Desember).

Dalam kasus yang sama, Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho menambahkan, access point tersebar di seluruh Indonesia.

“471 titik di seluruh tanah air berada di berbagai jenis distrik, pusat perbelanjaan, bangunan tempat tinggal, bandara, stasiun kereta api,” katanya.

Rakhmat kemudian mengklarifikasi 471 POI yang terbagi menjadi 124 titik di kawasan pemukiman atau pemukiman; 53 titik di kawasan transportasi seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api dan terminal; 266 titik di area khusus, termasuk area perbelanjaan, alun-alun, dll.; 17 titik jalur logistik, rumah ibadah; dan 5 titik di area rujukan RS Covid-19.

Peningkatan layanan di wilayah tersebut didorong oleh peningkatan kapasitas dan jangkauan jaringan, salah satunya penambahan 53 COMBAT atau Compact Mobile BTS.

Direktur jaringan Telkomsel Nugroho mengatakan, pemasangan COMBAT di area tersebut sangat membantu mempercepat jaringan di area tersebut.

Selain itu, jaringan dimodernisasi dengan meningkatkan bandwidth Internet dari 6,7 menjadi 7,3 Tbit / s.

Sebelum memperkuat jaringan, Telkomsel melakukan drive test sepanjang 13.503 km untuk mengecek kualitas jaringannya.

Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan perhitungan untuk memperkirakan kenaikan trafik yang akan terjadi kali ini selama libur Nataru.

Rahmat mengatakan, pihaknya memprediksi peningkatan trafik data di momen Nataru sebesar 15,08% dibandingkan hari-hari biasa.

Angka ini lebih banyak 29,12 persen dari momen tahun lalu Nataru.

Sejumlah aplikasi juga diproyeksikan akan meningkat penggunaannya, dengan beberapa diperkirakan meningkat 100 persen.

Aplikasi yang berada di deretan paling atas didominasi oleh aplikasi chatting dan jejaring sosial yang digunakan untuk berkomunikasi.

Uji jalan

Perjalanan dimulai dari kantor pintar Telkomsel di Gatot Subroto, Jakarta Selatan, dan melalui berbagai distrik seperti Semanggi, Sudirman, Monas, hingga Kelap Gading.

Selama test drive, status jaringan Telkomsel selama perjalanan diperiksa stabilitasnya dan tidak ada gangguan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.